Pengertian dan Fungsi Rekomendasi

Rekomendasi - klikkabar.com

Anda pasti sudah sering mendengar rekomendasi. ini sering terdengar ketika seseorang hendak melamar pekerjaan, atau sedang mencari buku bacaaan dan yang berkualitas. Namun, tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari rekomendasi tersebut?

Rekomendasi - klikkabar.com
Rekomendasi – klikkabar.com

 

Menurut Kamus Besar , rekomendasi dapat diartikan sebagai hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya, baik (biasanya dengan surat), penyuguhan. Masih dalam rujukan yang sama, rekomendasi juga dapat dimaknai sebagai saran yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan).

Selain menurut KBBI, beberapa ahli juga mengutarakan pendapatnya mengenai pengertian rekomendasi. Luwis dan Harsini (2010) mengatakan bahwa rekomendasi adalah suatu bentuk komunikasi sekaligus promosi tidak langsung yang dilakukan oleh para konsumen yang sudah pernah membeli atau jasa yang kemudian menceritakan berbagai pengalamannya yang berkaitan dengan atau jasa tersebut kepada orang lain.

Sementara, Kotler dan Keller (2007) mengutarakan bahwa rekomendasi adalah suatu proses komunikasi atas produk atau jasa tertentu yang berguna untuk memberikan informasi secara personal. Contoh rekomendasi yang paling umum digunakan menurut Kotler dan Keller adalah word of mouth communication (WOM) atau rekomendasi dari mulut ke mulut.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, rekomendasi secara sederhana bisa disebut sebagai saran yang menganjurkan, membenarkan, atau menguatkan mengenai sesuatu atau seseorang. Rekomendasi ini sangat penting artinya untuk meyakinkan orang lain bahwa sesuatu atau seseorang tepat dan layak. Misalnya, ketika seseorang akan menyewa kamar di penginapan, biasanya mereka akan melihat testimoni dari orang-orang yang pernah menginap sebelumnya, apakah banyak yang merekomendasikan atau tidak.

Umumnya, rekomendasi memang dibuat dalam bentuk tertulis seperti review produk dan testimoni di internet atau dalam bentuk yang lebih formal, seperti surat rekomendasi. Dalam hal pekerjaan, surat rekomendasi menjadi salah satu pendukung yang bisa disertakan ketika seseorang melamar pekerjaan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan yang dituju.

Surat rekomendasi sangat bermanfaat, bukan hanya bagi pihak yang meminta rekomendasi, melainkan juga bagi pihak yang memberi rekomendasi dan pihak ketiga yang akan menggunakannya. Bagi pihak yang meminta rekomendasi, surat ini berguna sebagai dukungan moral ketika bekerja di tempat yang baru. Sementara, bagi pihak yang memberi, surat rekomendasi ini merupakan bentuk pelayanan dan menjaga silaturahmi dengan pihak yang meminta rekomendasi.

Adapun bagi pihak ketiga, surat rekomendasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima seseorang bekerja atau belajar di tempatnya. Dengan surat rekomendasi ini, pihak ketiga dapat mengetahui identitas pribadi, karakter, prestasi, serta kepribadian seseorang sehingga menjadi pertimbangan apakah yang bersangkutan layak diterima atau tidak.

Baca juga:  Contoh Ucapan ‘Selamat Lebaran’ dalam Bahasa Inggris