Preservasi Dan Konservasi Bahan Pustaka

Preservasi adalah kegiatan yang terencana dan terkelola untuk memastikan bahwa suatu aset, baik itu kekayaan sumber daya alam, ataupun benda-benda bersejarah, agar tetap terjaga dan dapat tetap dipakai selama mungkin.

Dalam kaitannya dalam preservasi bahan pustaka, definisi preservasi kurang lebih memiliki makna yang sama namun dalam konteks yang berbeda. Preservasi bahan pustaka adalah suatu usaha yang dilakukan secara terencana dan terkelola untuk memastikan bahan-bahan pustaka dapat terpelihara dengan baik agar dapat tetap dipakai selama mungkin.preservasi-bahan-pustaka

Konservasi memiliki definisi yang mirip dan linier dengan fungsi preservasi. Konservasi adalah sebuah usaha untuk mempertahankan (pengawetan) yang memiliki kebijakan khusus untuk mempertahankan suatu aset, dalam hal kepustakaan adalah bahan-bahan pustaka. Dalam konservasi aset pustaka, terdapat pula suatu kegiatan yang disebut dengan restorasi. Restorasi dalam kaitannya dengan preservasi dan konservasi bahan pustaka adalah sebuah usaha perbaikan terhadap koleksi-koleksi pustaka dalam arti perbaikan terhadap koleksi-koleksi pustaka yang telah aus atau rusak agar dapat difungsikan kembali dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga:  Mengejutkan! Berdasarkan Hasil Penelitian, Otak Manusia Membangun Strukturnya Dalam 11 Dimensi

Preservasi dan konservasi bahan pustaka memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:

  • Fungsi Perlindungan

Fungsi perlindungan adalah sebuah upaya melindungi bahan pustaka dari berbagai faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan

  • Fungsi Pengawetan

Fungsi pengawetan adalah sebuah upaya pengawetan dari bahan-bahan pustaka agar tidak cepat rusak dan dapat dimanfaatkan lebih lama lagi

Fungsi kesehatan adalah sebuah upaya untuk menjaga bahan-bahan pustaka agar tetap bersih dan tidak berbau pengap agar tidak mengganggu kesehatan para pembaca maupun pustakawan.

Fungsi pendidikan adalah sebuah upaya untuk memberikan pendidikan kepada pembaca tentang bagaimana memanfaatkan bahan-bahan pustaka dengan baik dan benar

  • Fungsi Kesabaran

Fungsi kesabaran adalah sebuah upaya untuk memelihara bahan-bahan pustaka secara sabar dan teliti guna mendukung tercapainya usaha preservasi dan konservasi bahan pustaka

  • Fungsi Sosial
Baca juga:  Definisi Interior dan Ruang Lingkup Desain Interior

Fungsi sosial dalam usaha preservasi dan konservasi bahan pustaka bermakna dalam melakukan tugas-tugas dalam usaha preservasi dan konservasi bahan pustaka, orang-orang yang terlibat di dalamnya membutuhkan kerjasama yang baik dengan orang lain.

  • Fungsi Ekonomi

Dengan pemeliharaan yang baik terhadap bahan-bahan pustaka, maka bahan-bahan pustaka yang telah tersedia akan bertahan lama sehingga meminimalisir anggaran untuk pengadaan bahan-bahan pustaka yang baru.

  • Fungsi Keindahan

Fungsi keindahan memiliki fokus terhadap ketersediaan bahan-bahan pustaka yang rapi dan bersih dan tidak berserakan sehingga akan melahirkan kenyamanan dalam suasana perpustakaan.

Dalam preservasi dan konservasi bahan pustaka, diperlukan peningkatan pemahaman terhadap para pegiat preservasi dan konservasi bahan pustaka seperti para pustakawan dan pihak-pihak akademisi seperti pelajar, , juga pihak-pihak pengajar di perguruan tinggi serta relawan pecinta kepustakaan di Indonesia.

Baca juga:  Krisis Keuangan Asia Memperlihatkan Keterbatasan Neoliberalisme

Beberapa upaya peningkatan pemahaman dalam preservasi dan konservasi pustaka ini antara lain adalah melalui pendidikan pemustaka, talkshow dan seminar, pemustakaan media, serta pemberlakuan sanksi.