Rekomendasi Aplikasi Percepat Pengisian Baterai HP Android

Fast Charging - jalantikus.com
Fast Charging - jalantikus.com

Sudah menjadi rahasia umum, di balik teknologi yang canggih, ponsel cerdas atau smartphone berbasis Android memiliki kelemahan dalam hal daya tahan baterai. Pasalnya, dengan yang banyak, dan terus berjalan, baterai di ponsel-ponsel Android relatif memiliki daya tahan yang tidak lama. Karenanya, tidak heran jika charger, colokan, dan power bank menjadi tiga hal yang penting bagi pemilik perangkat.

Sayangnya, tidak semua charger mampu mengisi baterai ponsel Android dalam waktu yang cepat. Bahkan, ada yang memerlukan hitungan jam agar baterai dapat terisi secara penuh. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, beberapa pengembang merilis aplikasi percepat pengisian baterai (fast charging), terutama untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak bisa lepas dari sebagai alat komunikasi maupun untuk membantu pekerjaan. Berikut beberapa aplikasi percepat pengisian baterai ponsel yang bisa Anda gunakan.

Fast Charging

Seperti namanya, aplikasi ini diklaim mampu meningkatkan daya baterai ponsel Anda hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan aplikasi lainnya. Aplikasi ini sendiri langsung aktif ketika Anda mencolokkan charger HP ke stop kontak listrik, kemudian membatasi konsumsi beberapa aplikasi yang ‘menyerap’ konsumsi baterai, lalu mempercepat pengisian baterai.

Beberapa fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini adalah UI nice dan user-friendly, menunjukkan kapasitas baterai ponsel di aplikasi, mengaktifkan modus pengisian cepat secara otomatis, mematikan akses Wi-Fi dan 3G secara otomatis, serta mematikan Bluetooth secara otomatis. Akan sangat terasa jika Anda belum pernah melakukan isi daya menggunakan aplikasi ini, kemudian mencoba charging memakai aplikasi tersebut.

Baca juga:  Arti Foto Candid dan Teknik Melakukannya
Fast Charging - jalantikus.com
Fast Charging – jalantikus.com

Dr. Battery Fast Charger

Sesuai namanya, ini adalah aplikasi yang mirip ‘dokter’ untuk ‘mengobati’ daya tahan baterai yang turun secara cepat. Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik karena dipercaya bisa membuat baterai smartphone Anda lebih cepat di-charge. Dengan aplikasi ini, pengguna akan diberi hingga 30 persen ketika mengisi baterai ponsel (meski tidak berlaku pada semua kondisi baterai).

Untuk sistem kerjanya, kurang lebih sama dengan aplikasi sejenis. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan lain ketika ingin mengoptimalkan kinerja ponsel Android, seperti meningkatkan kinerja memori, menghemat penggunaan baterai, membersihkan file-file sampah atau junk file, mendinginkan ponsel, menampilkan info hardware ponsel, dan memonitor kondisi baterai.

Dr. Battery Fast Charger - teknokona.com
Dr. Battery Fast Charger – teknokona.com

Battery Turbo (Fast Charger)

Aplikasi lain yang bisa dipilih untuk mempercepat durasi waktu pengisian baterai ponsel adalah Battery Turbo. Namun, berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang disebutkan di atas, aplikasi ini memiliki tiga pilihan mode berbeda yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tiga pilihan mode tersebut adalah:

  • Extreme Mode, mode yang memungkinkan Anda mempercepat pengisian baterai hingga 40 persen.
  • Fast Mode, mode yang memungkinkan Anda melakukan pengisian baterai hingga 28 persen. Mode ini adalah yang direkomendasikan untuk Anda yang masih ingin menginginkan HP Android Anda tetap terhubung ke jaringan , namun untuk akses Wi-Fi saja.
  • Slow Mode, ini adalah mode yang mempercepat pengisian baterai hingga 15 persen. Pilihan koneksi jaringan, seperti Wi-Fi dan mobile data, akan tetap aktif.
Baca juga:  12 Aplikasi Editing Foto Terbaik untuk Perangkat Android

Di samping tiga mode di atas, aplikasi Battery Turbo (Fast Charger) juga menyediakan fitur notifikasi suara ketika baterai ponsel Android Anda telah terisi penuh.

Fast Charger Plus RAM Cleaner

Pengembang menjuluki aplikasi buatan mereka ini dengan sebutan “aplikasi dokter spesial baterai Anda”. Dengan jumlah pengguna lebih dari sepuluh ribu orang di seluruh dunia, aplikasi ini diklaim dapat meningkatkan proses pengisian baterai HP lebih cepat hanya dalam hitungan beberapa menit saja. Di samping itu, Fast Charger Plus RAM Cleaner juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan memori smartphone Android Anda, sesuai dengan namanya.

Super Fast Charger 5X

Jika Anda ingin makin ‘ngebut’ ketika melakukan pengisian baterai ponsel Android, aplikasi ini layak untuk dicoba. Pasalnya, Super Fast Charger 5X diklaim akan memberikan kecepatan yang maksimal ketika Anda melakukan pengisian baterai smartphone. Selain mempercepat pengisian baterai, aplikasi ini juga dikatakan mampu memperpanjang usia baterai HP serta membantu Anda untuk melihat informasi yang berkaitan dengan baterai smartphone, seperti temperatur baterai, kesehatan baterai, sisa daya baterai, dan teknologi baterai yang digunakan.

Baca juga:  Arti “Prolog”, Pembukaan atau Bahasa Program?

Untuk menggunakan aplikasi ini, langkahnya tergolong simpel. Setelah aplikasi aktif, Anda hanya perlu menyentuh menu “Start” untuk memulai proses pengisian baterai. Aplikasi ini akan langsung mematikan aplikasi yang berjalan pada background system yang biasa tidak bisa Anda lihat, kemudian menonaktifkan yang banyak menguras daya baterai, seperti Wi-Fi, 3G, 4G LTE, mobile internet, dan juga Bluetooth, lalu memulai mempercepat charging. Ketika Anda telah selesai mengisi baterai, Anda hanya perlu menekan tombol “Stop” atau “Exit” untuk menghentikan proses dan yang sebelumnya dimatikan oleh aplikasi ini. Keuntungan lainnya, aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store.

Selain menggunakan beberapa aplikasi di atas, sebenarnya ada cara manual yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pengisian baterai HP. Cara pertama adalah menggunakan charger yang lebih kuat, namun tidak semua ponsel cocok menggunakan cara yang satu ini. Selain itu, matikan ponsel Anda ketika melakukan pengisian baterai, isi baterai HP di colokan listrik yang terpasang di tembok, gunakan modus airplane ketika melakukan pengisian baterai, jangan mengisi baterai menggunakan port USB di laptop, serta menggunakan kabel USB terbaik.