Sejarah dan Profil Bandara Lombok atau Lombok International Airport

lombok international airport - wikimapia.org

Lombok, atau Pulau Lombok, merupakan salah satu destinasi wisata alternatif selain Bali. Kawasan ini menjadi tempat wisata pilihan yang menarik bagi wisatawan, baik asing maupun domestik, yang sudah terlalu “bosan” dengan keindahan Bali.

lombok international airport - wikimapia.org
lombok international airport – wikimapia.org

 

Karena banyak dikunjungi wisatawan, di Lombok pun dibangun sarana dan prasarana penunjang untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Dan, salah satu fasilitas penunjang pariwisata di pulau ini adalah keberadaan Bandara Internasional Lombok yang dibangun di atas lahan seluas 550 hektar dan menelan biaya hingga Rp625 miliar, yang memiliki arsitektur khas adat Sasak.

Bandara Lombok merupakan bandara domestik dan internasional yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Jalan Tanak Awu. Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I dan dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2011 untuk menggantikan peran Bandara Selaparang, Mataram. Peresmian bandara ini dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelum mengusung nama Bandara Internasional Lombok, diadakan jajak pendapat untuk mencari nama yang tepat bagi bandara ini. Pada Januari 2009, hasil jajak pendapat publik yang dilakukan di Lombok menunjukkan bahwa Bandara Internasional Lombok (BIL) dipilih oleh 40,4% responden, disusul Bandara Internasional Sasak sebanyak 20%, dan Bandara Internasional Rinjani sebesar 16,7% responden.

Untuk lebih mendongkrak citra bandara ini di mata internasional, pada awal tahun 2016, bandara ini resmi berganti nama menjadi Lombok International Airport. Nama baru tersebut telah disosialisasikan kepada publik sejak 1 Januari 2016. Nama bandara itu sendiri mengacu pada nama bandara terkemuka di negara lain, semisal Kuala Lumpur International Airport atau Changi Airport.

Selain itu, penggunaan kata “airport” juga dianggap memiliki branding yang lebih tinggi dibandingkan dengan kata “bandara”. Terlebih, kata “airport” ini juga sudah banyak dikenal oleh publik.

Sebagai bandara yang melayani rute domestik dan internasional, Lombok International Airport juga disinggahi banyak maskapai . Untuk rute domestik, maskapai yang singgah di bandara ini antara lain Garuda , Lion Air, Citilink, hingga Wings Air. Sementara untuk rute internasional, pesawat yang beroperasi di antaranya Silk Air, AirAsia, dan Jetstar.

Baca juga:  Machu Picchu, ‘Kota Hilang’ Suku Inca yang Tak Pernah Rampung Dibangun