Tiga Pesawat Jet Tempur Tercepat di Dunia

lockheed sr-71 - wall.alphacoders.com

Dibandingkan dengan lain, pesawat terbang memang memiliki banyak keunggulan, salah satunya soal kecepatan. Bahkan, ada beberapa pesawat terbang jet yang disebut memiliki kecepatan di atas rata-rata. Berikut tiga pesawat jet tempur tercepat di dunia.

Mikoyan-Gurevich MiG-25

Ini merupakan salah satu pesawat jet tempur tercepat di dunia yang pernah diproduksi manusia bumi. Mikoyan-Gurevich MiG-25, atau biasa disebut MiG-25 saja, merupakan pesawat milik Uni Sovyet yang dibangun untuk mencegat pesawat Amerika selama perang dingin. Sejak diproduksi untuk membendung SR-71, pesawat ini memiliki kecepatan yang ekstrem, yaitu di atas Mach 3,2 (sekitar 4.000 km per jam).

Namun sayangnya, pilot yang menerbangkan pesawat ini justru tidak boleh memacu melampaui Mach 2,8. Pasalnya, jika kecepatan melampaui angka itu, pesawat akan cepat panas dan terbakar. Pada tahun 1973, sebuah MiG-25 terbang di atas Israel dengan kecepatan Mach 3,2 dan langsung hancur total ketika mendarat di Mesir.

Pesawat yang diberi nama Foxbat oleh NATO ini juga memiliki keunggulan dengan melontarkan 4 rudal ke udara. Meski tidak mampu menembak jatuh sebuah Blackbird, namun pesawat ini telah memiliki banyak misi tempur yang disebut berhasil, salah satunya dalam perang Iran-Irak. Lebih dari 1.100 Foxbat dibangun di antara tahun 1964 hingga 1984. Namun saat ini, penggunaan pesawat ini terbatas di Rusia, Suriah, Aljazair, dan Turkmenistan.

mikoyan-gurevich mig-25 - en.wikipedia.org
mikoyan-gurevich mig-25 – en.wikipedia.org

 

Baca juga:  Apakah Benar AC Dapat Membawa Dampak Buruk Bagi Kesehatan?

North American X-15

Ini adalah pesawat roket percontohan AS yang dibuat dalam rangka penelitian pada penerbangan dengan kecepatan yang sangat tinggi dan ketinggian tinggi. Pesawat ini bertenaga roket hipersonik dan memegang rekor dunia untuk kecepatan tertinggi. X-15 bisa mencapai kecepatan tertinggi Mach 6,72 atau sekitar 7.274 km per jam dan disebut sebagai pesawat tercepat di dunia yang pernah dinaiki manusia.

Faktor utama yang membuat X-15 bisa menjadi pesawat tercepat di dunia adalah karena sudah menggunakan pendorong roket. Selain sebagai pesawat terbang berawak tercepat di dunia, X-15 juga menjadi pesawat berawak yang terbang paling tinggi di dunia, dengan rekor terbang 107,8 kilometer, yang dikendarai seorang astronot bernama Joe Walker.

north american x-15 - sploid.gizmodo.com
north american x-15 – sploid.gizmodo.com

 

Baca juga:  Aman Mana, Tegangan Listrik 220V atau 110V?

Lockheed SR-71

Lockheed SR-71 merupakan sebuah pesawat pengintai strategis supersonik jarak jauh berkecepatan Mach 3,3. Pesawat ini dirancang oleh insinyur luar angkasa legendaris, Clarence “Kelly” Johnson, yang berawal dari pesawat model A-12 dan YF-12. Dirancang untuk terbang di Mach 3,2 (3.950 km per jam), kecepatan tertinggi yang dicapai pesawat ini adalah Mach 3,35 (4.100 km per jam).

Hingga 4 dekade dari saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966, pesawat tempur SR-71 Blackbird menyandang gelar pesawat pengintai tercepat. Clarence “Kelly” Johnson yang merancang pesawat tersebut pun dinobatkan sebagai salah satu tokoh penting dalam penerbangan.

lockheed sr-71 - wall.alphacoders.com
lockheed sr-71 – wall.alphacoders.com