Tugas Customer Service Bank

Salah satu pengemban tugas terpenting dalam kerja sebuah perusahaan baik barang maupun jasa adalah Customer Service. Customer service memiliki peranan yang penting demi tercapainya tujuan-tujuan dalam sebuah perusahaan.

Secara umum, tugas customer service adalah sebagai penerima tamu, komunikator, dan sebagai orang yang melakukan tugas relasi customer untuk melayani segala pertanyaan dan keluhan sehubungan dengan -produk yang disediakan oleh perusahaan.

Begitu juga pada bank.customer-service-bank

Tugas customer service bank tak jauh beda dengan tugas customer service  perusahaan secara umum.

Secara spesifik, customer service bank adalah komunikator dan penanggungjawab hubungan bank dengan customer sehubungan dengan program-program dan produk-produk dari bank.

Secara terperinci, tugas customer service bank adalah:

Baca juga:  Adakah Tiket Fly Gratis?

Memberikan produk bank

  • Melayani pembukaan dan penutupan rekening nasabah
  • Handling Complain, melayani segala bentuk komplain dari nasabah
  • Melayani nasabah dalam hal pelayanan jasa-jasa produk bank seperti transfer, inkaso, pemindahbukuan antar rekening nasabah
  • Melaksanakan tugas lainnya yang ditunjuk atasan

Untuk menjadi seorang customer service bank, seseorang haruslah menyiapkan diri sehubungan dengan product knowledge bank agar tujuan dan bank untuk masyarakat dapat tercapai secara maksimal.

Customer service berbeda dengan teller bank. Perbedaannya adalah mengenai fungsi spesifik selain pelayanan terhadap pelanggan. Fungsi teller adalah sebagai bagian penanggungjawab lalu lintas keluar masuk uang di bank baik dari maupun untuk nasabah.

Customer service tidak memiliki tanggung jawab atas keluar masuk uang. Customer service hanya melalakukan penerimaan uang apabila terjadi pembukaan rekening oleh nasabah baru sejumlah nilai minimal yang disyaratkan untuk membuka sebuah rekening tabungan. Selebihnya, untuk penarikan dan penyetoran uang, sepenuhnya menjadi tanggung jawab teller bank.

Baca juga:  Apa Bedanya 2G, 3G, dan 4G LTE?

Customer service bank merupakan bagian dari jajaran frontliner bank, yang secara umum terdiri dari:

  • Customer Service
  • Teller
  • Receptionist

Bagian frontliner bank terutama customer service adalah bagain yang menjadi garda terdepan dalam sebuah sistem kerja bank. Bagian ini berperan penting dalam tercapainya keberhasilan komunikasi dan yang terjadi di dalam sebuah bank.

Setiap calon customer service bank akan mendapatkan pendidikan pra jabatan sebelum memulai perannya sebagai customer service bank yang telah diangkat secara resmi.

Pelatihan customer service bank ini melibatkan banyak aspek seperti product knowledge, etika, keterampilan komunikasi, regulasi bank, performa, dan lain sebagainya.