Arti dan Pentingnya Integritas

integritas - www.tipspengembangandiri.com

Ketika melihat tayangan berita di televisi atau media online, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah integritas. Namun, hanya sedikit yang mengerti dengan benar apa integritas tersebut. Untuk itu, kami akan sajikan pengertian dan hal-hal lain yang berhubungan dengan istilah ini.

integritas - www.tipspengembangandiri.com
integritas – www.tipspengembangandiri.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , integritas dapat diartikan sebagai mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Banyak juga yang menyebut integritas ini sebagai suatu persatuan.

Jika dilihat dari asal katanya, integritas berasal dari bahasa Latin, yaitu integer, yang berarti lengkap atau utuh. Merujuk hal tersebut, integritas dapat juga dimaknai sebagai sebuah usaha yang utuh dan lengkap yang didasari dengan kualitas, kejujuran, serta konsistensi karakter seseorang.

Menurut Henry Cloud, ketika berbicara mengenai integritas, maka tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu di setiap bagian diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusia.

Sementara, menurut Ippho Santoso, integritas sering diartikan sebagai bersatunya pikiran, perkataan, dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan. Jika merujuk dari asal katanya, integritas memiliki makna berbicara secara utuh dan lengkap atau sepenuh-penuhnya. Menurut Andreas Harefa, integritas merupakan tiga kunci yang bisa diamati, yakni menunjukkan kejujuran, memenuhi komitmen, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.

Integritas sering diikuti dengan kata “nasional”. Jika diartikan secara sederhana, integritas nasional merupakan integritas yang dilakukan dalam mengelola suatu . Secara lebih luas, kata ini merujuk pada hasrat atau kesadaran yang timbul secara berkelanjutan dari setiap orang yang mengelola, tinggal, dan menetap di suatu untuk bisa mengembangkan yang ditempati menjadi lebih baik dan lebih maju.

Untuk mencari integritas nasional, kita bisa menengok peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Saat itu, seluruh pemuda di Indonesia secara serempak mendeklarasikan persatuan atau integritas nasional dalam upaya untuk melawan penjajah dan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Integritas juga menjadi karakter kunci bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapatkan kepercayaan (trust) dari pegawainya. Pimpinan yang berintegritas  dipercayai karena apa yang menjadi ucapannya juga menjadi tindakannya.

Ada ungkapan yang cukup menarik mengenai integritas, yaitu “Without integrity, motivation is dangerous; without motivation, capacity is impotent; without capacity, understanding is limited; without understanding, knowledge is meaningless; without knowledge, experience is blind. Experience is easy to provide and quickly put to good use by people with all other qualities”.

Baca juga:  Arti, Fungsi, dan Jenis Ijtihad